Beranda » Bernah de Vallei » Bernah de Vallei, Wisata Alam & Tempat Outbound VIRAL di Pacet Mojokerto

Bernah de Vallei

Bernah de Vallei, dari namanya cukup unik ya? Destinasi Wisata alam dan pemandian di tengah hutan pinus yang sejuk serta wisata ramah keluarga dengan Harga Tiket yang Murah ini menawarkan kesejukann dan keindahan Alam Wisata Pacet.

Jika anda sedang mencari tempat utuk ngadem, ngilangin stress sepertinya wisata bernah de valley ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat yang wajib anda kunjungi.

Seperti apa sih wisata yang sedang ramai dibicarakan netizen ini? Yuk.. lanjutkan membaca sampai selesai informasi dibawah ini, jangan lupa Share Ya !!

1. Sejarah Bernah de Vallei

Bernah merupakan sebutan masyarakat secara turun-temurun tentang sebidang tanah lembah yang terlindung, sejuk dan jarang angin. Luas area sekitar 18 hektar dengan dialiri dua sungai yang kemudian menyatu menjadi satu sungai.

Bernah ternyata merupakan bahasa Jawa yang bermakna beran seng pernah atau lembah yang baik. Sedangkan de Vallei merupakan bahasa Belanda yang artinya lembah. Sehingga Bernah de Vallei artinya lembah Bernah atau lembah yang baik.

Ternyata lokasi wisata kolam renang, taman spot foto dengan oksigen murni, dan berbagai wahana untuk ngadem di Bernah de Vallei merupakan lokasi yang sangat nyaman dan indah.

Wisata Bernah de vallei

Lokasi yang juga jarang angin, karena berada dikelilingi tebing, bukit-bukit dan dataran tinggi disekelilingnya. Merupakan lokasi yang dipilih sejak peradaban Prasejarah zaman perunggu dan besi masyarakat Neolitikum dimulai sekitar tahun 500 Sebelum Masehi dibuktikan dengan keberadaan batu Menhir dan Dolmen di makam dusun Belor.

Baca Juga : Daftar Penginapan Villa di Pacet Mojokerto

Kemudian temuan umpak batu di sebelah utara punden Mbah Demung, juga di utara punden Mbah Jurangdowo, aneka lumpang batu, batu dakon, watu kandang, pipisan, dan pecahan keramik China di utara dusun Paras yang menandakan sebuah pemukiman zaman Majapahit.

Kemudian temuan prasasti angka tahun 1286 Saka atau 1358 Masehi yaitu masa Raja Hayam Wuruk didekatnya saat ini berada di makam dusun Nogosari, juga prasasti Lencana Girindrawardhana Dyah Ranawijaya didekat sumber Jubel yang merupakan tanda tanah Ganjaran Sri Brahmaraja Ganggadhara mulai tahun 1486 Masehi.

Selain lembah yang terlindung juga banyaknya titik-titik sumber air mineral terutama yang terbesar adalah sumber air Ngasat dan sumber air Jubel.

 

2. Peresmian Wisata Bernah de Vallei

Peresmian Bernah de Vallei

Tepatnya Senin (28/12/2020) pukul 09.00 WIB. Gus Barra Wakil Bupati Mojokerto meresmikan Wana Wisata  Bernah de Vallei Pacet.

Dengan mengucap Bismillah dan didampingi Kiai Asep, Pemerintah Desa Setempat, dan Adm Perhutani KPH Pasuruan, Gus Barra menggunting pita sebagai tanda telah dibukanya Wana Wisata Bernah De Vallei.

Selanjutnya, Gus Barra dan Kiai Asep, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, melepas benih ikan sebagai bentuk pelestarian ikan.

“Saya berharap Bernah De Vallei ini bisa menjadi proyek percontohan bagi desa-desa lainnya. Kita lihat sendiri semangat mereka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola potensi desa. Semangat itu harusnya bisa tertular ke desa-desa yang lainnya agar bisa memberdayakan masyarakat desanya,” terang Gus Barra

Lebih lanjut, Gus Barra mengatakan untuk itu kita yang ada di Pemerintahan haruslah mensupport, memberikan bantuan seperti fasilitas pendukung lainnya agar bisa lebih maju.

“Semuanya dikelola oleh masyarakat desa, mulai dari investasi hingga yang berjualan di sini, semuanya ber-KTP Kembang Belor. Jadi tentunya ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada,” pungkas Gus Barra.

Baca Juga : 12 Paket Outbound di Pacet Mojokerto

Sementara itu, Kepala Desa Kembangbelor Mukhtar Efendi mengatakan Bernah De Vallei dengan luas 18.9 hektar ini sumber dana, murni dari swadaya masyarakat.

“Dalam pengelola pembangunan ini, total kita habis 800 juta. Itu untuk kolam, persipan food court, penggarapan lahan dan rest area untuk camping ground. Awalnya nilai investasi masyarakat sekitar 694 juta, belum termasuk tahap 2 yang kita masukkan, ada saham sekitar 300 juta dari masyarakat,” kara Mukhtar Efendi.

Mukhtar mengatakan bahwa warga sudah membuat CV dengan nama Bernah De Vallei yang sudah ada sejak dahulu, yang artinya lembah yang baik. Sedangkan untuk sumber airnya asli dari Pacet, yang kita ambil sekitar 1 kilometer dari lokasi.

 

3. Lokasi Bernah de Vallei

Lokasi bernah de vallei

Bernah de Vallei ini terletak dititik tengah dari tiga dusun yaitu dusun Paras, Kembang, dan Belor, desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto. Tepatnya di Jl. Raya Tirtowening, Paras, Kembangbelor, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374.

Mudah sekali menemukan, apalagi jika anda sudah tau Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Bernah de Vallei berada tepat di sebelah lokasi atau depan MBI (Madrasah Bertaraf Internasional) Amanatul Ummah.

Google Maps : goo.gl/maps/qikEUaBjMoQ89edWA

 

4. Harga Tiket Masuk Bernah de Vallei

harga tiket bernah de vallei

Untuk harga tiket masuk di wisata bernah de vallei ini terbilang sangat murah, untuk saat ini tiket masuk Rp. 7000 per orang kemudian jika anda ingin berenang, harga tiket renangnya Rp. 5000 per orang.

Murah sekali bukan !! Tunggu apa lagi, segera agendakan liburan anda di wisata bernah de vallei. Untuk jam operasional wisata bernah de valley ini mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB

 

5. Wahana Permainan di Wisata Bernah de Vallei

Wana Wisata Bernah De Vallei ini tercipta dari swadaya masyarakat yang mengusung konsep ekowisata dengan menonjolkan panorama keindahan alam.

Wana wisata yang berkonsep ekowisata ini menyajikan air sumber alami dari tiga mata air di sana, yakni mata air Kemado, Karanglo, dan mata air Burnah yang baru ditemukan dan diberi nama oleh warga setempat.

Hadirnya Bernah de Vallei dengan eduwisatanya sangat cocok dikunjungi keluarga, sekaligus menjadi spot foto yang instagramable.

Sampai saat ini management bernah de vallei masih terus berbenah dan melakukan pembangunan, untuk fasilitas umum sementara yang ada di lokasi adalah :

  • Kolam Renang (air sumber dari gunung)
  • Sungai
  • Pendopo / Masjid
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Food Court
  • Taman Kelinci
  • Skuter Anak
  • Camping Ground Luas
  • Rute  Trekking / Hash / Jelajah Alam
  • Ground Outbound
  • Lokasi Tanam Pohon

Baca Juga : 23 Daftar Tempat Wisata di Pacet Mojokerto

6. Fasilitas Umum Dekat Wisata Bernah de Vallei

Tidak menutup kemungkinan saat berwisata kalian akan membutuhkan fasilitas umum seperti ATM, mini market, rumah makan maupun penginapan. Nah disini kami juga akan memberikan sedikit informasi fasilitas apa saja sebagai penunjang kebutuhanmu saat berada disana.

Yang perlu kalian ketahui lokasi Bernah de Valley ini masih sedikit tersedianya fasilitas publik. Namun begitu kalian bisa menyiapkan kebutuhanmu sebelum sampai lokasi. Kalian bisa belanja terlebih dahulu di mini market ataupun pasar 7 KM sebelum lokasi.

Rumah makan yang tersedia disekitar wisata ini pun masih cukup terbatas. Kalian harus ke pusatnya Pacet dulu jika ingin menikmati macam-macam masakan yang di inginkan.

 

7. Tempat Camping & Tanam Pohon

tanam pohon bernah de vallei

Bernah de vallei ini menempati lahan seluas 19,7 Hektare dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan.

Untuk kegiatan camping pengelola sudah menyiapkan lahan yang sangat luas, bahkan infonya kedepan akan ada pintu masuk tersendiri yang khusus menuju lahan camping dan outbound.

Jika anda dari perusahaan atau instansi sedang mencari tempat penanaman pohon, di lokasi ini juga menyediakan. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh naik ke gunung untuk melaksanakan kegiatan aksi tanam pohon.

 

8. Outbound di Wisata Bernah de Vallei

outbound di wisata bernah de vallei

Untuk kegiatan outbound di lokasi wisata bernah de vallei ini sangat bisa di lakukan, karena banyak lokasi luas di ground atas yang sangat memenuhi standart untuk kegiatan outbound baik anak maupun dewasa.

Jangan kawatir, kami tim outbound Enter Provider sudah menyiapkan beberapa paket outbound sehari maupun outbound bermalam (camping) di lokasi tersebut.

Informasi lebih lanjut anda bisa hubungi tim marketing kami di di 0822 1321 7720 (Call/WhatApp).

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.