Beranda » Outbound Edukasi » Outbound Edukasi, Memperkaya Wawasan dan Pengalaman Para Siswa

outbound edukasi

Outbound Edukasi, Memperkaya Wawasan dan Pengalaman Para Siswa

Outbound edukasi adalah kegiatan belajar di luar ruang/alam terbuka yang bermanfaat untuk memperkaya wawasan dan pengalaman siswa/siswi. Outbound edukasi bisa membantu membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi.

Pengalaman dalam kegiatan outbound edukasi memberikan masukan yang positif dalam perkembangan otak anak. Mengajarkan anak berbaur (beradaptasi) dan berinteraksi dengan teman sebaya atau teman yang berbeda usia darinya. Bukan hanya itu, outbound edukasi juga dapat mengembangkan aspek motorik (pergerakan otot-otot) dan kognisi (cara berpikir).


Beberapa manfaat outbound edukasi bagi anak, di antaranya:

 

Menumbuhkan kepercayaan diri

Outbound dapat meningkatkan kepercayaan diri anak karena aktivitas outbound penuh dengan tantangan, misalkan flying fox (meluncur dari ketinggian tertentu dengan bantuan tali dan katrol) atau menyeberangi dari satu pohon ke pohon lain dengan menggunakan tambang. Mungkin anak-anak akan merasa takut pada awalnya, tetapi saat mereka dapat melalui tantangan demi tantangan, akan memunculkan rasa kebanggaan pada diri anak.

Melatih kemampuan sosial

Beberapa kegiatan outbound ada yang memerlukan kerja sama antartim. Outbound dapat memberi kesempatan bagi anak-anak untuk berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain.

Meningkatkan kemandirian

Orangtua tidak campur tangan saat mengikuti outbound. Ketika ada tantangan atau persoalan, anak harus dapat melaluinya dengan caranya sendiri. Bagi anak-anak yang cenderung dependen (tergantung) atau manja, outbound akan melatih mereka untuk bisa mengandalkan diri mereka sendiri.

Melatih kemampuan memecahkan masalah

Beberapa permainan outboundmemerlukan ketangkasan. Anak harus dapat kreatif dan berpikir bagaimana ia dapat menyelesaikan permainan ini.

Melatih motorik anak

Aktvitas outbound karena dilakukan di alam terbuka, pastinya memerlukan banyak unsur pergerakan fisik, seperti memanjat, berlari, menarik, atau mendorong. Outbound juga dapat melatih keseimbangan tubuh anak-anak.

Menumbuhkan rasa cinta pada alam

Karena dilaksanakan di alam terbuka, outbound memberi kesempatan bagi anak-anak untuk bersentuhan dengan alam.

Banyak sekali manfaat outbound yang lainnnya bagi anak. Untuk orangtua pun, orangtua dapat mengamati bagaimana perilaku anak mereka saat bermain dengan teman-teman yang baru dikenalnya. Orangtua tidak hanya dapat mengetahui kecerdasan intelektual anak, tetapi juga kecerdasan emosionalnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program outbound edukasi anda bisa hubungi kami jasa pemandu outbound pacet di 0822-1321-7720 (call/whatsapp)

Click 5 Stars If it's Useful

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.