Beranda » HPOI » Disbudpar Jatim Gelar Pelatihan Pemandu Outbound di Trawas

Pelatihan Pemandu Outbound

Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan bagi para pemandu dan provider outbound di Jawa Timur yang berlokasi Grand Whiz Hotel Trawas, Jalan Raya Trawas, Desa Belik Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Tim kami dari Enter Provider juga turut serta mengikuti dengan serius berlangsungnya pelatihan tersebut selama 3 hari 2 malam. Kami menyambut baik pelatihan ini demi me-upgrade skill para pemandu outbound di masa pandemi ini.

Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk upaya mengantisipasi kebangkitan para pemandu wisata outbound pasca melandainya pandemi Covid-19.

Anda semua pasti tahu, sejak pandemi, aspek pariwisata sangat terdampak, salah satunya adalah wisata buatan (outbound). Hal tersebut dikarenakan pola kegiatan wisata yang sebagian besar berubah menjadi model virtual.

Kadisbudpar Provinsi Jatim, Bapak. Sinarto, menyampaikan optimisme kebangkitan pariwisata Jatim kepada para peserta pemandu wisata outbound.

Selain mendapatkan manfaat pelatihan, mereka juga mendapatkan sertifikat pelatihan dari dinas.

“Sertifikat ini berguna sebagai dokumen pendukung dalam pengurusan perijinan usaha di JOSS (Jatim Online Single Submission),” terangnya didampingi Kasi Usaha Jasa Pariwisata Disbudpar Provinsi Jatim, Luky Nuraini Rosyidah, Minggu (3/10/2021).

Pelatihan Pemandu Outbound

Beberapa peserta juga berbagi pengalaman. Mereka mengeluhkan sejak pandemi ini aktivitas outbound tidak bisa berjalan. “Sedangkan untuk pelaksanaan secara virtual itu kurang memungkinkan,” tambahnya.

Sinarto juga berharap agar semua provider bisa memiliki perizinan usaha yang resmi. Sementara dinas akan berusaha melakukan pendampingan hingga proses perizinan tuntas.

“Kami juga membentuk grup Whatsapp, untuk memperluas jaringan antar provider di Jawa Timur. Agar mereka bisa lebih aktif sharing informasi dan lebih update tentang peraturan dan keadaan terkini tentang outbond,” urainya.

Selama tiga hari masa pelatihan, para peserta nampak antusias. Mungkin karena lama para provider tidak melaksanakan kegiatan di luar.

Sehingga kegiatan ini seolah menjadi ajang reuni, refreshing, dan memperluas jaringan, tapi berbonus sertifikat dari dinas untuk kelengkapan pengurusan perizinan usaha di JOSS.

Para peserta juga mendapat pembekalan dari narasumber yang sebagian besar adalah pemateri dan praktisi dari asosiasi outbond HPOI (Himpunan Provider Outbound Indonesia).

Dalam Pelatihan tersebut diberikan pemaparan materi tentang cara merencanakan program dan melaksanakan pemanduan kegiatan outbound fun (rekreasi).

Selain itu, juga digelar praktik lapangan memandu kegiatan rekreasi dan pembelajaran serta cara menangani risiko dalam kondisi darurat.

Tak ketinggalan, pemaparan materi III pada pelatihan Disbudpar Jatim adalah penyelenggaraan kegiatan wisata outbound pada masa penanganan pandemi Covid-19 bersama narasumber Bobby Meidrie (Sekjend DPP HPOI).

Informasi proigram Outbound di Pacet – Trawas anda bisa kontak kami di 0822 1321 7720 (Call/WhatApp).

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.